Sunday, April 7, 2013

PENGERTIAN DAN MORFOLOGI BUAH



ApaituBuah ?
Buah merupakan bagian dari tumbuhan, diaman di dalam buah terdapat biji. Bersamaan dengan perubahan bakal biji menjadi biji terjadilah buah, yaitu suatu organ yang berasal dari bunga yangmenyelubungi biji dan berguna untuk pemencaran biji tadi dengan melemparlan biji itu dari dalam buah atau bersamaan dengan buah terpisah dari tumbuhan induknya.
Disamping bakal buah yang berubah menjadi buah, ada juga bagian-bagian lain dari bunga dapat ikut mengambil bagian dalam pembentukan buah dan dapat pula ikut mengambil bagian dalam pembentukan alat-alat pemencaran.
Buah yang menyimpan biji memiliki susunan, seperti dinding buah. Dinding buah (pericarpium)ini biasanya dibedakan dalam dinding luar (exocarpium) dan dinding dalam (endocarpium) yang masing-masing hanya terdiri atas satu lapis dan diantaranya terdapat bagian dinding buah yang terdiri dari beberapa lapisan yaitu dinding tengah (mesocarpium).
Susunan buah berhubungan erat dengan cara pemencaran bijinya, oleh sebab itu dinding buah keseluruhan atau sebagian menjadi padat dan keras. Buah pada umumnya dibedakan menjadi dua, yaitu ada buah sejati dan buah semu. Berbagai contoh buah di alam ini yang dapat digolongkan atau dikelompokan kedalam bagian buah tersebut yang sesuai dengan karakteristik buah masing-masing.
Morfologi Buah

Bagian bunga yang tidak gugur, ikut tumbuh bersama buah:
1.        Daun-daun pelindung pembungkus tongkol jagung
2.        Daun-daun kelopak pada terong dan jambu
3.        Tangkai kepala putik pada jambu dan jagung (rambut jagung)
4.        Kepala putik :manggis--- jlh daun buah & jlh ruangan dlm buah manggis

Bagian bunga yang ikut tumbuh menyebabkan terjadi nya buah semu:
1.        Tangkai bunga jambu monyet
2.        Dasar bunga bersama pada suatu bunga majemuk : bunga lo
3.        Dasar bungap ada bunga tunggal: arbei
4.        Kelopak bunga : ciplukan
5.        Tenda bunga & ibu tangkai bunga pada bunga majemuk :  nangka

0 comments:

Post a Comment