Thursday, March 28, 2013

SYARAT TUMBUH TANAMAN KOPI ( Coffea sp. )


Tanaman kopi (Coffea sp.) sebagian besar merupakan perkebunan rakyat dengan penerapan teknologi budidaya yang masih terbatas.  Bila penerapan teknologi budidaya di perkebunan kopi rakyat tersebut diperbaiki, produksinya bisa ditingkatkan. Teknologi yang dianjurkan untuk diterapkan adalah teknologi budidaya kopi poliklonal. Ada empat faktor yang menentukan keberhasilan budidaya kopi, yaitu:
(1) teknik penyediaan sarana produksi,
 (2) proses produksi/budidaya,
 (3)teknik penanganan pascapanen dan pengolahan (agroindustri),
dan (4) sistem pemasarannya
      Keempat-empatnya  merupakan kegiatan yang berkesinambungan yang harus diterapkan dengan baik dan benar.  Dalam era perdagangan bebas, komoditas kopi sebagai bahan baku utama industri kopi bubuk, mutu menjadi penentu daya saing di pasar ekspor maupun dalam negeri.Dengan teknik budidaya yang baik dan sesuai maka bisadihasilkan mutu produk (biji kopi) yang baik dan sesuaidengan kehendak konsumen. Hal tersebut perlu diperhatikan para pekebun kopi agar usaha taninya dapat berhasil baik,produksi kopinya tinggi dan pendapatan petani juga tinggi.
  SYARAT TUMBUH
Kondisi lingkungan tumbuh tanaman kopi yang paling berpengaruh terhadap produktivitas tanaman kopi adalahtinggi tempat dan tipe curah hujan. Sebab itu, jenis tanamakopi yang  ditanam harus disesuaikan dengan kondisi tinggi tempat dan curah hujan di daerah setempat. Selama ini, jenis kopi yang biasa ditanam di perkebunan rakyat seperti di  Lampung adalah kopi arabika dan robusta.
Padahal kedua jenis tanaman kopi tersebut menghendaki persyaratan tumbuh  yang berbeda. Kopi arabika menghendaki ketinggian lahan yang lebih tinggi dari kopi robusta agar dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.  Penanaman kopi arabika pada lahan dataran rendah produktivitasnya akan menurun  dan lebih rentan terhadap penyakit karat daun, sedangkan penanaman kopi robusta di daerah Lampung cocok ditanam pada ketinggian antara 300-600 m di atas permukaan laut.
Persyaratan  kondisi iklim dan tanah yang optimum untuk kopi robusta dan kopi arabika Syarat Tumbuh  Kopi robusta Kopi arabika :
Lokasi
Letaknyas terisolir dari pertanaman kopi varietas lain ± 100 meter.
Lahan bebas hama dan penyakit
Mudah pengawasan
Tanah
PH tanah              : 5,5 – 6,5
Top Soil              : Minimal 2 %.
Strukrur tanah    : Subur, gembur ke dalaman relative > 100 cm.
Iklim
Tinggi tempat      : 800 – 2000 m dpl
Suhu                   : 15º C – 25º C.
Curah hujan         : 1.750 – 3000 mm/thn

0 comments:

Post a Comment