Thursday, March 28, 2013

METODE PENYIANGAN TANAMAN KOPI ( coffea sp. )


Untuk mendapatkan hasil budidaya tanaman kopi yang baik, diperlukan tahap-tahap pemeliharaan yang tepat baik tanaman kopi tersebut telah menghasilkan buah ,maupun sebelum menghasilkan buah. Tahap-tahapnya adalah :
1.   Penyiangan
Dalam pemeliharaan tanaman kopi di kebun tentunya harus dilakukan perawatan yang intensif, seperti halnya kegiatan penyiangan yang merupakan kegiatan pemeliharaan menyingkirkan ataupun mengendalikan pertumbuhandan perkembangan gulma-gulma yang terdapat disekitar tanaman kopi. Gulma tersebut disingkirkan karena dianggap sebagai pengganggu tanaman kopi dalammenyerap unsur hara, dengan kata lain gulma merupakan tumbuhan yang pertumbuhannya tidak inginkan untuk itu gulma harus diberantas khususnya disekitar kanopi tanaman kopi.
Selain itu penyiangan bertujuan dalam memudahkan tindakan pemeliharaan seperti pemupukan, pemangkasan dan pemanenan. Kegiatan penyiangan ini dapat dilakukan dengan berbagai metode yang meliputi metode manual,teknis dan kimia. Metode-metode yang akan digunakan haruslah diiringi dengan kondisi kebun:
*      jika pertumbuhan gulma sudah banyak dikebun bisa digunakan metode dengan cara kimia
*       tetapi jika pertumbuhan gulma hanya sedikit maka dapat digunakan metode manual dan teknis.
Rotasi penyianganpun dilakukan berdasarkan kondisi pertumbuhan gulma yang terdapat di dalam kebun, jika perkembangannya pesat maka penyiangan harus dilakukan secara rutin. Pada makalah kali ini metode yang digunakan adalah manual karena melihat kondisi perkembangan gulma masih sedikit didalam kebun kopi.  Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah:
·         Cangkul
·         Parang
Cara kerjanya adalah :
·         Bersihkan gulma-gulma yang terdapat disekitar kanopi tanaman kopi dengan menggunakan cangkul

·         Tanah tanah yang terbawa keluar kanopi harus dikembalikan disekitar batang pokok yang bertujuan untuk menghindari cekungan disekitar batang pokok dan mencegah tertampungnya air hujan disekitar batang.

·         gulma gulma yang terbuang dikumpulkan dan diletakkan dibarisan tanaman karena gulma  merupakan sumber unsur hara setelah mengurai.

0 comments:

Post a Comment