Sunday, April 7, 2013

Pengertian Bunga


      PengertianBunga
Bunga merupakan modifikasi dari daun dan batang, dan berkembang dari pucuk yang tumbuh menjadi ranting diiringi daun-daun yang sangat rapat.
Pada ujung ranting tersebut terdapat ada bagian yang membengkak yang disebut dasar bunga (receptalum) dan dibawahnya terdapat tangakai bunga (pedicle). Pada dasar tangkai bunga terdapat daun pelindung (braktea). Bila daun pelindung itu terdapat pada tangkai bunga pebungaan dan melindungi seluruh perbungaan disebut dengan seludang bunga (spatha). Sedangkan daun pelindung untuk setiap anak bunga disebut brakteola.
Bunga yang biasanya terdapat di ujung-ujung cabang atau batang disebut bunga terminalis dan ada juga yang terdapat pada ketiak daun disebut dengan bunga axilaris.

Bunga tediri dari:
1.      Perhiasan bunga (periantum), yang terdiri dari:
a.       Sepal/daun kelopak (sepalum, jamak sepala). Keseluruhan daun kelopak disebut kaliks (calix).
b.      Petal/daunmahkota (petalum, jamakpetala). Keseluruhan petal (daun mahkota) disebut korola (corola).
c.       Perigonium/tenda. Bila bentuk sepal dan petal tidak dapat dibedakan maka disebut tepal (tepalum, jamak tepala).
2.      Alat kelamin yang terdiri dari:
a.       Stamen atau benang sari. Keseluruhan stamen bunga disebut androecium. Bagiannya   
    adalah kepala sari (anthera) yang berisi serbuk sari (pollen) serta tangkai sari (filamen).
b.      Pistilum (putik) terdiri dari ovarium, stilus dan stigma. Ovarium disusun oleh karpel atau daun buah. Umumnya berjumlah lebih dari satu. Jika bunga memiliki satu karpel arau lebih yang semuanya bersatu maka karpel tesebut disebut pistilum. Didalam ovarium terdapat bakal biji (ovulum). 

0 comments:

Post a Comment