Thursday, March 28, 2013

PEMUPUKAN TANAMAN KOPI ( coffea sp. )

Pemupukan

Kegiatan yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman kopi secara signifikan adalah pemupukan. Maksud dari kegiatan pemupukan ini adalah menambahkan unsur hara untuk mempercepat pertumbuhan tanaman kopi. Dengan begitu kegiatan ini merupakan kegiatan pokok yang harus dilakukan dalam pembudidayaan tanaman kopi. Tanaman kopi tidak akan mampu berproduksi optimal jika pasokan makanannya berkurang, untuk itu dengan dilakukannya pemupukan akan menjadikan tanaman kopi berbuah dengan banyak.
Pemupukan dilakukan mulai tanaman kopi berumur 1 tahun sampai 6 tahun(pada kebun masih muda). Sedangkan pada kebun yang telah menghasilkan dipupuk dua kali setahun, yakni  3-4 minggu setelah masa pembuahan dan setelah panen selesai. Pupuk diberikan pada awal musim hujan. Banyaknya pupuk yang diberikan tergantung dari kesuburan tanah dan umur tanaman.
a.      Dosis pemupukan kopi per pohon adalah :
  Umur 1 tahun : 50 gr Urea, 40 gr TSP, dan 40 gr KCL.
  Umur 2 tahun : 100 gr Urea, 80 gr TSP, dan 80 gr KCL.
  Umur 3 tahun : 150 gr Urea, 100 gr TSP, dan 100 gr KCL.
  Umur 4 tahun : 200 gr Urea, 100 gr TSP, dan 100 gr KCL.
  Umur 5-10 tahun : 300 gr Urea, 150 gr TSP, dan 240 gr KCL.
  Umur 10 thn keatas : 500 gr Urea, 200 gr TSP, dan 320 gr KCL.
b. Pupuk diberikan dua kali setahun yaitu awal dan akhir musim hujan masing-masing  setengah dosis.
c. Cara pemupukan dengan membuat parit melingkar pohon sedalam ± 10 cm, dengan   jarak proyek tajuk pohon (± 1 m)
Selain itu  pemupukan juga dapat meningkatkan produksi dan mutu buah dan mempertahankan produksi. Tanaman kopi mempunyai sifat bahwa pada suatu saat produksinya tinggi, namun produksi tersebut akan turun sampai 40% pada tahun berikutnya.
Makin buruk kondisi tanaman makin besar persentase penurunan hasilnya. Pertanaman yang dipupuk secara teratur penurunan hasil dapat ditetapkan sekitar 20%. Buatlah alur disekitar kanopi batang kopi sekitar 1 meter dari batang pokok secara melingkar sedalam mata cangkul.

0 comments:

Post a Comment