Sunday, October 14, 2012

BIODIVERSITY KERAGAMAN HAYATI


BIODIVERSITY (BIOLOGICAL DIVERSITY)
KERAGAMAN HAYATI


Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui yang terpenting adalah keragaman hayati di permukaan bumi dari tingkat gen, spasies, ekosistem, dan proses dalam ekosistem

Keragaman hayati ada salah satu sumber daya alam terbarukan di muka bumi ini.Ini termasuk ada 4 komponen yaitu keragaman genetis, keragaman spesies, keragaman ekologi, dan keragaman fungsi.

Kehilangan keragaman hayati dan punahnya speaies
Kegiatan manusia telah menghancurkan dan mendegradasi habitat tempat hidup banyak spesies yang mendorong mereka punah terlalu awal.

Keragaman hayati di semua level dari genetis sampai ke tingkat fungsi telah dihancurkan oleh kegiatan manusia. Cepat atau lambat semua spesies akan punah karena mereka tidak berhasil merespon perubahan kondisi lingkungan. Kajian Millenium ecossystem assesment tahun 2005 menunjukkan bahwa kecepatan kepunahan (spesies) telah meningkat 100 – 10.000 kali lebih cepat dibanding kecepatan kepunahan spesies secara alami, yang semuanya ini karena akibat ulah/kegiatan manusia. Untuk mengingat kepunahan keragaman hayati ini dapat digunakan singkatan HIPPO (hippo sendiri artinya adalah kuda nil). Dalam singkatan ini HIIPO digunakan untuk menjelaskan apa saja penyebab kepunahan spesies.

·         H, Habitat distruction and degradation, penghancuran dan penurunan kualitas habitat., ini adalah penyebab utama terhadap kepunahan spesies.
·         I, Invasive species, spesies invasif yang secara tidak sengaja terbawa ke dalam suatu ekosistem. Invasif spesies adalah spesies yang sangat cepat berkembang dalam suatu ekosistem salahsatu penyebabnya karena tidak ada musuh alaminya. Hal ini merupakan penyebab ke dua musnahnya spesies tertentu.
·         P, Pollution, polusi adalah masuknya materi ke dalam suatu ekosistem yang tidak dikehendaki, dan menyebabkan gangguan pada ekosistem bersangkutan. Polusi termasuk penyebab berugahnya iklim regional dan iklim global
·         P, humanPopullation growth, pertumbuhan populasi penduduk, yang diikuti oleh meningkatnya konsumsi/kebutuhan sumberdaya alam yang menyebabkan kerapatan satwa liar meningkat dan menurunya kualitas habitan dimana mereka tinggal.
·         O. Overexploitation, ekploitasi yang berlebihan. Termasuk di dalmnya adalah pemburuan satwa liar yang berlebihan, seperti perburuan gading gajah, dan kulit harimau, dan juag konsumsi yang berlebihan oeh manusia sehingga satwa liar kalah bersaing.

Apa pentingnya keragaman hayati ?
Keragaman hayati menyediakan kita sumberdaya alam seperti bahan pangan, kayu, energi, dan obat-obantan, dan jasa lingkungan (seperti pemurnian air dan udara, kesuburan tanah, pembuangan limbah, dan pengendalian hama dan penyakit) , dan tentu saja memberika kita kenikmatan yang luarbiasa.

Keragaman hayati dimuka bumi ini merupakan kekayaan iologis atau modal yang memungkinkan kita hidup dan menyokong kebutuhan ekonomi kita.Keragaman hayati ini lah yang menyuplai kita dengan kayu, kayu bakar, minyak, bahan makan, dan segala macam yang kita butuhkan yang dapat kita ambil dari alam.Iu semua dapat kita lakukan karena adanya keragaman hayati.Semuanya itu menggelontorkan trilliunan dollar ke pasar ekonomi setiap bulan atau bahkan hari.  Dengan keragaman itu pula yang dapat menjaga air kita tetap bersih, udara kita tetap dapat dihirup dengan aman, yang menjaga kesuburan tanah, dan sebagai tempat dimana kita dapat membuang limbah, serta yang mengontro populasi hama dan penyakit sehingga hutan dan tanaman pertanian kita tidak musnah dimakan hama dan diserang penyakit.

Aldo Leopold memilki filosofi yang diikuti banyak ilmuwan dan para peduli lingkungan dan alam bahwa … sesuatu benar adanya ketika sesuatu tersebut cenderung/untuk mempertahankan keberlangsungan sistem penyangga kehidupan kita dan spesies lannya, dan adalah salah adanya apa bila tidak demikian.


sumber..! materi kuliah ekologi pertanian UNIB dosen Priono Prawito

0 comments:

Post a Comment