Sunday, October 14, 2012

BIMBINGAN KONSELING



A.Bimbingan Konseling
            1. Pengertian Bimbingan Konseling
Bimbingan adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan. Sedangkan konseling adalah merupkan inti terpenting dari bimbingan yang berupa hubungan timbal balik antar dua individu. Dari kudua pengetian ini dapat di ambil kesimpulan bahwa bimbingan konseling adalah merupakan bantuan yang diberikan kepada siswa dalam rangka upaya menemukan pribadi, mengenal lingkungan, dan merencanakan masa depan, sehingga terjadi hubungan timbal balik antar dua individu.
2. Fungsi dan Tujuan Bimbingan Konseling
Bimbingan konseling berfungsi sebagai preventif ( pencegahan ), pemahaman, perbaikan, pemeliharaan, serta pengembangan pada diri siwa. Sedangkan tujuan dari bimbingan konseling secara umum adalah agar terwujudnya manusia seutuhnya yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Adapun tujuan khusus dari bimbingan konseling adalah dalam rangka mengembangkan aspek perkembangan pribadi-sosial, aspek perkembangan belajar, dan aspek perkembangan karir.
3.Asas-asas Bimbingan Konseling
Dalam bimbingan konseling terdapat beberapa asas yang harus di perhatikan yatiu Asas kerahasiaan, Asas kesukarelaan, Asas kekinian, Asas kemandirian, Asas kegiatan, Asas kedinamisan, Asas keterpaduan, Asas kenormatifan, Asas keahlian, Asas alih tangan, serta Asas tutwuri handayani
4. Tujuan Bimbingan Konseling
Secara khusus layanan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi aspek sosial, belajar, dan karier. Bimbingan pribadi sosial dimaksud untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi sosial dalam mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri , dan bertanggung jawab. Bimbingan belajar dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pendidikan.Bimbingan karier dimaksudkan untuk mewujudkan pribadi pekerja yang produktif.
5. Bidang-bidang Bimbingan konseLing
v  Bimbingan Pribadi
Bidang bimbingan pribadi-sosial adalah bimbingan yang membantu siswa menemukan dan mengembangkan pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah, mantap, mandiri, serta sehat jasmani dan ruhani. Dalam aspek tugas perkembangan pribadi-sosial, layanan bimbingan konseling membantu siswa agar:a) Memiliki kesadaran diri, yaitu menggambarkan penampilan dan mengenal kekhususan yang ada pada dirinya.
b) Dapat mengembangkan sikap positif, seperti menggambarkan orang-orang yang mereka senangi.
c) Membuat pilihan secara sehat.
d) Mampu menghargai orang lain.
e) Memiliki rasa tanggung jawab.
f) Mengembangkan ketrampilan hubungan antar pribadi.
g) Dapat menyelesaikan konflik.
h) Dapat membuat keputusan secara efektif.
v  Bimbingan Sosial
Bidang bimbingan sosial adalah bimbingan yang membantu siswa mengenal dan berhubungan dengan lingkungan social yang dilandasi akhlaq karimah, tanggung jawab kemasyarakatan dan kenegaraan.
v  Bimbingan Belajar
Bidang bimbingan belajar adalah bimbingan yang membantu siswa mengembangkan diri, sikap, dan kebiasaan belajar yang baik, untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan serta menyiapkannya melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi.
Dalam aspek tugas perkembangan belajar, layanan bimbingan konseling membantu siswa  agar:
a)Dapat melaksanakan belajar efektif
b) Dapat menempatkan tujuan dan perencanaan pendidikan.
c) Mampu belajar secara efektif.
d) Memiliki ketrampilan dan kemampuan dalam menghadapi evaluasi atau ujian.
d. Bimbingan Karier
Bidang bimbingan karir adalah bimbingan yang membantu dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia pekerjaan, memilih lapangan pekerjaan, serta membekali diri supaya supaya siap membantu jabatan.Dalam Aspek Tugas Perkembangan karier, layanan bimbingan dan konseling ,membantu siswa agar:
a) Mampu membentuk identitas karir, dengan cara mengenali ciriciri pekerjaan di dalam lingkungan kerja.
b) Mampu merencanakan masa depan.
c)Dapat membentuk pola-pola karier, yaitu kecenderungan arah karir .
d) Mengenal keterampilan, kemampuan, dan minat.

0 comments:

Post a Comment